27 February 2013

0
TOEFL... adalah.....


TOEFL adalah singkatan dari Test OEnglish as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS (Educational Testing Service).
Pada awalnya, TOEFL diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat.

Nah, apa aja ya jenis TOEFL Test yang dikeluarkan oleh ETS yang bisa kita ikuti...?

1. PBT (Paper Based Test) TOEFL
PBT-TOEFL adalah bentuk TOEFL Test yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Sistem test pada PBT-TOEFL menggunakan paper atau lembaran-lembaran kertas soal dan lembar jawaban yang harus diisi dengan pensil 2B.

Materi yang diujikan adalah: 
  • Listening 
  • Structure 
  • Reading 
Score range 310 – 677 dengan waktu test adalah 2 - 2,5 jam. 
Menurut pengalaman saya, tes dimulai jam 09.00 pas, ga pake ngaret... isi admission form di-dikte dan dijelasin dalam bahasa inggris selama kurang lebih 30 menit, dan sisanya ngerjain tiga section sampai 11.30.
Biasanya tes TOEFL institutional masih menggunakan jenis ini...



2. CBT (Computer Based Test) TOEFL

CBT-TOEFL adalah bentuk kedua dari Tes TOEFL yang menggantikan PBT-TOEFL. Sistem test CBT-TOEFL tidak lagi menggunakan paper, tapi langsung dengan computer. Semua soal menggunakan softwere dan setiap soal langsung dijawab / dikerjakan di computer. CBT pertama kali dikeluarkan pada tahun 1998. Namun di beberapa negara di Asia, khususnya Indonesia masih diperkenankan untuk menggunakan PBT (ITP-TOEFL) sebagai standar International TOEFL Test. Sehingga pamor CBT di Indonesia sangat minim. Bahkan hingga sekarang masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu CBT-TOEFL.

Materi yang diujikan adalah:
  • Listening, Structur 
  • Reading dan
  • Writing 
Score range 0 – 300 dengan waktu test adalah 2 – 2,5 jam.
Tapi, jenis ini agak langka, karena dari segi kemudahan, orang lebih banyak memilih PBT-TOEFL, karena lebih familiar dengan masyarakat kita....


3. iBT (internet Based Test) TOEFL

iBT-TOEFL atau yang juga dikenal dengan Next Generation (NG) TOEFL adalah bentuk TOEFL Test terbaru yang dikeluarkan ETS. iBT-TOEFL mulai diperkenalkan sejak tahun 2005, tetapi di Indonesia baru diberlakukan pada tahun 2006 sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. ETS banyak melakukan perubahan pada format dan system TOEFL Test terbaru ini. iBT-TOEFL juga menggunakan media computer, hanya saja system test pada iBT menggunakan internet sehingga peserta test langsung on-line dengan ETS dan menjawab soal-soal test juga secara on-line.

Materi yang diujikan adalah:
  • Listening
  • speaking
  • Writing
  • Reading
Score range of iBT is 0-120 dengan waktu tes selama 4 jam.
iBT TOEFL ini banyak digunakan buat TOEFL internasional lho...

Dari ketiga Jenis TOEFL Test, PAper BAsed Test masih seting digunakan oleh sekolah, kampus atau instansi untuk menyelengaraan tes.



Nah, untuk LEMBAGA penyelenggara TOEFL dan biaya-nya, bisa di-cek disini ya...


Sumber:
http://www.toeflindonesia.com/
http://forum.viva.co.id/sekolah/172164-belajar-toefl-yukkk.html

0 komentar: